cover
Contact Name
ahmad zain
Contact Email
elbanyumasi@yahoo.co.id
Phone
+628129731518
Journal Mail Official
jurnalprofesi2021@gmail.com
Editorial Address
Jl. Nusa Indah 1 No. 163 Perumnas 1 Kota Bekasi
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
ISSN : 27970701     EISSN : 23018836     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan, menampung hasil penelitian dan kejian dalam bidang pendidikan dan keguruan
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 2 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan" : 5 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN JATI 03 PAGI Citra Permida
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 2 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini menuntut terciptanya masyarakat yang gemar membaca. Membaca merupakan aktivitas yang penting dan sering dilakukan oleh siswa ketika belajar di dalam maupun di luar sekolah. Dalam pelaksanaan pengajaran membaca, masih banyak guru yang cenderung menggunakan cara tradisional. Cara ini masih kurang efektif karena membutuhkan waktu yang cukup lama, sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk pelajaran Bahasa Indonesia 2 x 35 menit untuk satu kali pertemuan. Penguasaan kemampuan Bahasa Indoensia merupakan sebuah syarat mutlak yang harus dimiliki di era komunikasi dan globalisasi saat ini. Pembelajaran Bahasa Indoensia di jenjang SD merupakan materi pokok sebagai bagian dari fungsi pengembangan diri siswa dalam bidang Ilmu Pengetahuan, teknologi dan seni yang diharapkan setelah menamatkan studi, Mereka mampu tumbuh dan berkembang menjadi individu yang cerdas, terampil dan berkepribadian sebagai bekal hidup di masa mendatang
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN REMEDIAL SISWA KELAS VI SDN PEGANGSAAN DUA 09 PETANG Junianto
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 2 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu dasar atau ilmu murni yang pada kenyataannya telah berkembang dengan pesatnya baik materi maupun manfaatnya. Hal ini terjadi seiring dengan perkembangan iptek, oleh karena itu Matematika sekolah yaitu Matematika yang diajarkan dis ekolah khususnya jenjang pendidikan dasar dan menengah, harus senantiasa memeprtimbangkan tahap – tahap perkembangan intelektual siswa. Matematika mempelajari pola keteraturan, tentang struktur yang jari tentang tyroriorganisasikan. Hal ini dimulai dari hal-hal yang tidak terdefinisikan (Underlined term, basic term, primitif term). Kemudian pada unsur yang didifinisikan, ke aksioma/postulat, dan akhirnya pada teorema. Konsep-konsep Matematika tersebut, secara hierarkis, terstruktur logis dan sistematis. Mengacu pada kenyataan di atas, maka untuk mengupayakan peningkatan prestasi belajar Matematika, perlu kiranya memberikan program pembelajaran yang tepat. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka penulis tertarik mengadakan penelitian dengan judul “Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Remedial Siswa Kelas VI SDN Pegangsaan Dua 09 Petang Tahun Pelajaran 2012/2013
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG TANAH DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW SISWA KELAS V SDN UTAN KAYU UTARA 05 PAGI Resdiana Gultom
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 2 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Jalur strategis untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia seluruhnya adalah pendidikan. Namun salah satu permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan. Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan ahlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat bangsa dan Negara. Berdasarkan hasil pengamatan riel dilapangan. yaitu di kelas V SDN Utan Kayu Utara 05 Pagi, peneliti merasa perlu mengadakan penelitian tindakan kelas di kelas V khususnya pada materi tanah agar terjadi perubahan proses maupun hasil belajar siswa. Salah satu pendekatan yang memungkinkan pencapaian hal tersebut adalah menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw merupakan salah satu model pembelajaran yang mendukung pembelajaran kontekstual. Sistem pengajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw dapat didefinisikan sebagai sistem kerja/ belajar kelompok yang terstruktur.
UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKN MELALUI METODE PENUGASAN DI KELAS V SDN SUNTER JAYA 07 PAGI Sri Ngati
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 2 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Guru sebagai pelaku pendidikan dan pengajaran bertanggung jawab terhadap kesuksesan proses belajar mengajar yang ditandai dengan pemahaman dan penguasaan anak didik terhadap suatu pelajaran yang telah diberikan.. Selain itu juga metode penugasan tersebut harus sesuai dengan kecenderungan anak didik sehingga dapat mempermudah pemahaman siswa. Selama peneliti melaksanakan proses belajar mengajar di SDN Sunter Jaya 07 Pagi menemukan permasalahan diantaranya, pelajaran PKn termasuk yang kurang diminati siswa dan merupakan salah satu pelajaran non eksakta. Untuk memperoleh dan meningkatkan kemampuan mengadakan penelitian Hasil penelitian yang dilakukan diharapkan dapat menjadi sumbangan pikiran bagi sekolah tersebut untuk melakukan meningkatkan kualitas pendidikan berguna untuk mengetahui adakah perbedaan metode penugasan dengan metode lainya dalam meningkatkan hasil belaja
PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM TENTANG PSIKOPATOLOGI Sarnoto, Ahmad Zain
Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 2 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan
Publisher : Pengurus Pusat Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada dasarnya psikopatologi (gangguan kepribadian) dalam Islam banyak sekali tokoh yang mencoba mengklasifikasikannya. Menurut Al-Qur’an dan Al-Sunnah, jenis psikopatologi dibagi menjadi tiga bagian utama. Pertama, gangguan kepribadian yang berhubungan dengan akidah atau dengan Tuhan, seperti menyekutukan Allah (syirik), mengingkari, berbuat dosa, bermuka dua, pamer, dan menuruti bisikan syetan. Kedua, gangguan kepribadian yang berhubungan dengan kemanusiaan seperti iri hati, dengki, buruk sangka, marah, benci, penakut, pelit, menipu, mengolok-olok, menyakiti, memfitnah, menceritakan keburukan orang lain, rakus, adu domba, putus asa, menganiaya, boros dan materialism. Ketiga, gangguan kepribadian yang berkaitan dengan pemanfaatan alam semesta sebagai realisasi tugas-tugas kekhilafan seperti membuat kerusakan

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2013 2013


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 2 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 12 No. 1 (2023): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 11 No. 2 (2022): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 11 No. 1 (2022): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 10 No. 2 (2021): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 10 No. 1 (2021): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 2 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 9 No. 1 (2020): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 2 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 8 No. 1 (2019): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 2 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 7 No. 1 (2018): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 2 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 6 No. 1 (2017): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 5 No. 2 (2016): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 5 No. 1 (2016): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 4 No. 2 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 4 No. 1 (2015): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 3 No. 2 (2014): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 3 No. 1 (2014): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 2 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 2 No. 1 (2013): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 2 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1 (2012): Profesi | Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan More Issue